Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan Semester 1 Buku bahasa Indonesia Bab 1 Menentukan Unsur-unsur berita Soal Berita Seputar Indonesia. Kunci jawaban ini mengutip soal-soal kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan yang ada pada halaman 17 18 Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013. 

Kunci-Jawaban-Bahasa-Indonesia-Kelas-8-Halaman-17-18-Kegiatan-1.7
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan ini di buat untuk membantu adik-adik menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia Kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan halaman 17 18. Berikut kunci jawaban silakan dibaca di bawah ini:

Kegiatan 1.7

Bacalah salah satu berita yang tersaji pada bagian sebelumnya! Kamu dapat pula menggunakan berita lainnya.

Tunjukkanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi.
Gunakanlah format berikut sebagai laporannya.

Catatan :
Berita yang di jadikan sebagai sumber jawaban adalah berita dari berita kompas.com dengan judul MK Perintahkan KPU Hitung Ulang Suara Pileg di Pegunungan Arfak, Papua Barat

Kunci Jawaban : 

Judul Berita :  
MK Perintahkan KPU Hitung Ulang Suara di Arfak, Papua Barat

Sumber Berita : Kompas.com

a). Kebakuan bahasa 

Contoh :  
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan penghitungan suara ulang seluruh surat suara di TPS Desa Disura, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

b). Kalimat langsung. 

Contoh :  
"Mengabulkan permohonan pemohon untuk Dapil Pegunungan Arfak I DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak," kata ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019)

c). Konjungsi bahwa. 

Contoh : 
Pada berita ini kalimat konjungsi bahwa tidak ditemukan.

d). konjungsi temporal/kronologis. 

Contoh :  
Namun demikian, setelah rekapitulasi kedua, suara PKB tidak berubah dan justru terjadi pengurangan suara caleg PKB nomor urut 2 Goliat Manggesuk dari 744 menjadi 714.

e). Keterangan waktu. 

Contoh :  
"Mengabulkan permohonan pemohon untuk Dapil Pegunungan Arfak I DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak," kata ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019)

f). Kata kerja mental. 

Contoh :​ 
Dalam permohonannya, PKB menuding Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Distrik Taige telah melakukan kesalahan pencatatan perolehan suara partai sehingga suara PKB menjadi berkurang sebanyak 10.

Baca Juga

Demikianlah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan. Semoga Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7 ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menjadi sumber rekomendasi pengetahuan yang dapat di jadikan dasar patokan menjawab tugas Bahasa Indonesia Halaman 17 18 Kegiatan 1.7 Kaidah-kaidah Kebahasaan Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Jangan lupa setelah selesai dikerjakan  untuk segera dikumpulkan tepat waktu. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 17 18 Kegiatan 1.7"